Senin, 08 Maret 2010

Fenomena facebook di masyarakat

Fenomena facebook yang belakangan ini menjadi sorotan sudah tidak asing lagi bagi kita. Banyak masyarakat yang mengadukan bahwa mereka kehilangan anak-anaknya yang disebabkan penculikan oleh teman facebook. Sebenarnya apa benar anak-anak mereka hilang karena diculik?atau hanya menjadikan facebook sebuah alat untuk menutupi permasalahan yang sebenarnya terjadi?
Beberapa bulan belakangan ini banyak berita di televisi yang menayangkan penculikan anak yang disebabkan oleh teman facebook. Sebenarnya facebook hanya merupakan sebuah fasilitas yang digunakan untuk memfasilitasi masyarakat agar mereka dapat berhubungan lagi dengan teman-teman lama yang tidak pernah dijumpai lagi. Tetapi facebook malah fungsinya disalah gunakan oleh masyarakat kita terutama untuk anak-anak yang masih tidak mengetahui penting dan fungus facebook yang benar. Para anak-anak dan remaja menggunakan facebook sebagai alat yang digunakan untuk mencari teman baru. Para remaja yang tidak pernah bertemu sebelumnya dengan teman mereka yang ada di facebook tidak khawatir dengan kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi, mereka sich hanya berpikiran kalau mereka punya banyak teman di facebook tanpa perlu mengenal orang tersebut sebelumnya bukan merupakan masalah yang terpenting bagi mereka adalah list teman di daftar facebooknya penuh. Para remaja yang merasa mempunyai banyak teman di facebook tidak canggung-canggung untuk mengenal lebih dekat orang-orang yang baru dikenalnya. Tak jarang mereka menjalin hubungan yang spesial dengan orang-orang di dalam fcebook tersebut. Para remaja yang masih labil dan masih dalam rangka pencarian jati diri memang lebih merasa nyaman untuk bebagi permasalahan dengan teman-teman mereka daripada dengan orangtua. Mereka lebih merasa dapat mencurahkan segala permasalahan dengan teman karena beranggapan bahwa teman adalah pemberi solusi yang benar bagi setipa permasalahan.
Sebenarnya dari sinilah letak kesalahan para remaja, mereka terlalu mempercayai teman facebook yang baru dikenalnya. Ketika suatu saat pera remaja mempunyai permasalahan pribadi seperti masalah dengan teman sekolah terutama permasalahan yang menyagkut dengan orang tua maka mereka melampiaskannya dengan curhat dengan teman facebook. Sampai pada akhirnya apabila mereka sudah tidak dapat menyelesaikan permasalahan pribadi yang dialaminya mereka malah kabur dengan teman facebook yang baru dikenalnya. mereka beranggapan bahwa kabur dengan teman facebook merupakan solusi yang tepat karena kebetulan orang terdekat dan dipercaya adalah orang yang mereka kenal lewat facebook. Para orang tua pun khawatir dan beranggapan bahwa anak mereka hilang karena diculik oleh teman facebook anak mereka. Padahal yang terjadi sebenarnya adalah anak mereka kabur dan bukannya diculik karena alas an permasalaha dengan orang tua, teman, dll. Sebenarnya ini merupakan suatu pembelajaran agar orang memberikan pengarahan dan pengertian lebih dini kepada anak-anak tentang fungsi dan tujuan jejaring social facebook.

Tidak ada komentar: